Apakah gelembung NFT sudah pecah? Belum.

Click here for English, Click here for Tagalog

Pada Mei 2021, Wall Street Journal dari The Art Newspaper melaporkan bahwa penjualan NFT “mendatar”. Data dari NonFungible, sebuah perusahaan analisis data, terlihat seperti angka yang signifikan. Dompet NFT aktif telah turun 88% dari 119.000 pada September tahun lalu menjadi 14.000. Penjualan individu juga turun dari rata-rata harian 225.000 menjadi 19.000, atau seperlima tersisa.

Ini jauh berbeda dibandingkan tahun 2021, di mana ada transaksi sebesar $17 miliar untuk transaksi NFT. Hal ini menciptakan harapan yang sangat baik bagi para seniman serta parodi bagi para kolektor yang berharap mendapat keuntungan dari koleksi mereka.

Dikutip dari theartnewspaper.com, data NonFungible tidak lengkap. Karena mereka masih memasukkan data dari Q1 saat mengunggah penelitian, itu sudah mendekati Q2. Sekarang akan memasuki Q4, dan banyak hal telah berubah — banyak koleksi baru yang menguntungkan seperti Moonbirds dan Otherside.

Louisa Choe, Analis Nansen, mengatakan mulai April 2022, jumlah penjualan NFT mulai meningkat lagi. Memang, ada perubahan perilaku, dan “blue chips menguasai 83% pangsa pasar NFT.”

Di sisi lain, koleksi NFT berperilaku hampir seperti aset pada umumnya. Contohnya adalah Bored Ape Yacht Club yang memiliki komunitas besar dan sebagian besar dapat dipertukarkan yang menjamin beberapa tingkat likuiditas. Harga dasar juga menentukan harga. Kolektor yang ingin memiliki BAYC cenderung mencari harga termurah jika ingin mengoleksi BAYC.

__

Sejak awal, kami telah menyadari bahwa NFT adalah kelas aset yang luas dan beragam. Terkadang mereka berperilaku seperti aset di pasar seni tradisional, dengan karya dan koleksi dari seniman terkenal memiliki nilai tinggi dan percaya bahwa harga jual kembali akan lebih tinggi.

Tidak mudah menilainya dari segi prinsip pasar.
Yang menarik, saat ini NFT juga bisa menjadi representasi para penggunanya. Contohnya adalah Bored Ape Yacht Club yang memberikan hak eksklusif kepada pemiliknya. Seperti akses ke acara, kekayaan intelektual, lebih banyak token, dan papan pesan.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store
SeaDEX

Your gateway into the Defi ecosystem; A suite of next-gen Decentralized Applications focused on the Southeast Asian crypto market.